Analisis Komparatif Kinerja Model Pengendalian Pada Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Berbasis Internet Of Things

guido suni

Abstract


Abstrak – Pada zaman modern ini masyarakat sudah banyak sekali menggunakan gas sebagai pendukung dalam kebutuhan rumah tangga yaitu masak-memasak. Namun bahaya dari adanya kebocoran gas sangat tinggi. Masalah utama pada penelitian ini adalah bahaya dari adanya kebocoran gas yang bisa memicu adanya kebakaran. Penyusunan penelitian ini dilakukan dengan merujuk pada beberapa referensi yang digunakan dengan melihat model-model yang digunakan pada penelitian terdahulu, kelebihan dan kekurangan dari penelitian terdahulu dan dengan membaca referensi tersebut maka penulis memperoleh masalah utama yang bisa diangkat dalam penelitian ini dan membandingkan pemodelan pengendalian untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan membuat sebuah alat untuk mendeteksi gas secara cepat dan melakukan tindakan secara cepat.

 

Konsep dari penelitian ini adalah membandingkan model pengendalian kebocoran gas dengan menggunakan aplikasi telegram dan blynk untuk mengetahui manakah dari dari model pengendalian tersebut yang cepat merespon dan menerima notifikasi jika sensor MQ2 mendeteksi adanya gas yang bocor. Selain itu, alat pendeteksi kebocoran gas ini dilengkapi juga dengan Motor Servo yang berfungsi untuk melepaskan regulator yang terpasang pada tabung gas akan, serta buzzer yang berfungsi sebagai alarm. Hasil dari penelitian ini adalah model pengendalian Blynk yang lebih cepat menerima notifikasi kebocoran gas dengan waktu yang diperoleh 14.93 second, sedangkan model pengendalian telegram memperoleh waktu 26.06 second. Proses pengujian dilakukan sebanyak 10 kali percobaan dengan memanfaatkan tools HoubyWatch untuk mengukur

 

Kata kunci:  Kebocoran Gas; Model Pengendalian; Notifikasi


Full Text:

PDF

References


ANAS TAZZ BIN MOHAMMAD. 2020. “Iot Based Monitoring and Control System for Quail Breeding Farm.” (August).

“Design , Programming and Implementation of Smart Building Management System Using IoT Technology A Project Shatha Hani Jasim Supervised By.” 2020.

Hidayat, Imam. 2018. “Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas Menggunakan Sensor MQ-6 Berbasis Jaringan Sensor Wireless.” Techno.Com 17(4): 355–64.

Murugam, Kalpana. 2020. “Intelligent Gas Booking and Leakage System Using Wireless Sensor Networks.” 3C Tecnología_Glosas de innovación aplicadas a la pyme: 273–85.

Rane, Atharv S. 2020. “Smart LPG Gas Cylinder Monitoring System Using Internet of Things.” International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology 8(11): 603–7.

Wicaksono, Marastika, and Aji Bawono. 2021. “EasyChair Preprint Research Making Prototype IOT Smart Home for Smart City with Arduino Mega 2560 Using Blynk Application Research Making Prototype IOT Smart Home for Smart City with Arduino Mega 2560 Using Blynk Application.”




DOI: https://doi.org/10.35200/explore.v11i2.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

EXPLORE

Indexed By :

  

Jurnal EXPLORE STMIK Mataram
Jalan Kampus STMIK - ASM Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp: 0370-635007, 0370-628418
Site: https://ojs.stmikmataram.ac.id/index.php/explore
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.