Kinerja Metode Minimum Error Least Significant Bit Replacement Advanced Encryption Standard Pada Citra Digital

Karya Gunawan, A. Sjamsjiar Rachman

Abstract


Dalam steganografi, ada beberapa media digital yang dapat digunakan sebagai cover untuk menyembunyikan keberadaan sebuah pesan, seperti: citra, audio, teks, video. Dalam makalah ini, media cover yang digunakan adalah citra digital dengan format piksel 24-bit. Metode steganografi yang digunakan adalah model steganografi yang didasarkan pada penyisipan secara Minimum Error Least Significant Bit Replacement-Advanced Encryption Standard (MELSBR-AES), yaitu  LSB (Least Significant Bits) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyisipan dengan hasil yang masih dapat ditoleransi.Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja metode yang digunakan ini dapat menjalankan kedua tugas utama dalam sistem steganografi (penyisipan dan pengektrakan) dengan baik. Dari hasil percobaan terhadap beberapa citra uji, dapat diketahui bahwa besar ukuran message file yang disisipkan harus lebih kecil , maksimal 10% dari ukuran cover image. Citra yang baik untuk digunakan sebagai cover image adalah citra yang memiliki kekontrasan yang tinggi (real cover image) 

Dalam steganografi, ada beberapa media digital yang dapat digunakan sebagai cover untuk menyembunyikan keberadaan sebuah pesan, seperti: citra, audio, teks, video. Dalam makalah ini, media cover yang digunakan adalah citra digital dengan format piksel 24-bit. Metode steganografi yang digunakan adalah model steganografi yang didasarkan pada penyisipan secara Minimum Error Least Significant Bit Replacement-Advanced Encryption Standard (MELSBR-AES), yaitu  LSB (Least Significant Bits) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyisipan dengan hasil yang masih dapat ditoleransi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja metode yang digunakan ini dapat menjalankan kedua tugas utama dalam sistem steganografi (penyisipan dan pengektrakan) dengan baik. Dari hasil percobaan terhadap beberapa citra uji, dapat diketahui bahwa besar ukuran message file yang disisipkan harus lebih kecil , maksimal 10% dari ukuran cover image. Citra yang baik untuk digunakan sebagai cover image adalah citra yang memiliki kekontrasan yang tinggi (real cover image)

Full Text:

PDF

References


[CHL-00] Chen, Ling-Hwei and Lee, Yeuan-Kuen.2000. An Adaptive Image Steganographic Model Based on Minimum-Error LSB Replacement. http://front.cc.nctu.edu.tw/6322.html.

[GMD-03] Gan, M. D.2003.Chameleon Image Steganography. http://chameleonstego.tripod.com/downloads/Chameleon Technical_Paper.pdf.

[JNS-06] Johnson, N. F& Sushil Jajodia. 2006. Steganalysis of Images Created Using Current Steganography Software. http://www.jjtc.com/ihws98/jjgmu.html.

[SED-96] Sellars, Duncan.1996. An Introduction to Steganography. http://www.cs.uct.ac.za/courses/CS400W/NIS/papers99/dsellars/stego.html

[SUB-02] Sukmawan, Budi. 2002. Steganografi. http://bdg.centrin.net.id/~budskman/steganografi.htm.

[HAK-10] Hmood, Ali K. 2010. On the accuracy of hiding information metrics: Counterfeit protection for education and important certificates. http://www.budi.insan.co.id/courses/ec5010/projects/wihartantyo-report.doc.




DOI: https://doi.org/10.35200/explore.v9i1.176

Refbacks



EXPLORE

Indexed By :

  

Jurnal EXPLORE STMIK Mataram
Jalan Kampus STMIK - ASM Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp: 0370-635007, 0370-628418
Site: https://ojs.stmikmataram.ac.id/index.php/explore
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.